PAUD Teratai
Vol 7, No 2 (2018)

IMPLEMENTASI KEGIATAN MOZAIK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI PROBOLINGGO

NATYAH NINGTYAS, FERDA (Unknown)
, MASUDAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Penelitian Pre-Eksperimental design dengan jenis one group pretest-postest penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kegiatan mozaik geometri terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung<Ttabel. Jika Thitung lebih kecil dari Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% sebesar 52 maka (0<52). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan mozaik geometri berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo. Kata Kunci: kegiatan mosaik geometri, kemampuan motorik halus

Copyrights © 2018