Abstrak IPS merupakan salah satu nama mata pelajaran yang diberikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah., dan salah satu studi IPS yang diajarkan di SD adalah sejarah. Namun kenyataannya, siswa justru tidak terlalu menyukai mata pelajaran IPS karena identik dengan hapalan sehingga terasa membosankan dan malas untuk mempelajarinya. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, guru harus lebih inovatif yaitu salah satunya pembelajaran menggunakan media gambar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa materi tokoh-tokoh sejarah siswa kelas IV SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan rancanganquasi experimentalyang menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang meliputipretest-posttest. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji t. Pada uji validitas ditemukan 11 butir soal valid dari 25 butir soal, pada uji reliabilitas harga r11=0,888 (reliable), Pada uji normalitas harga X2hitung= 9,2 (berdistribusi normal). Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung=7,92 dan ttabel=2,060, sehingga thitung> ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS materi tokoh-tokoh sejarah. Kata Kunci: pengaruh,media gambar, hasil belajar. Abstract Social science is one of subjects name that taught in elementary school and secondary school. One of social science study that taught on elementary school is history. In reality, however, student dislike social science since identic with memorizing so that it felt bored and reluctant to learn it. To create qualified learning process, teacher must be more innovative namely by applying picture media in learning. This research aimed to found out the effect of picture media application to fourth grade learning result of SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya. This was a quasi-experiment research with one-group pretest-posttest design. Data collecting conducted by test technique which included pretest and posttest. Data analysis that performed was validity test, reliability test, normality and t-test. On validity test it found 11 valid test items from 25 test items, on reliability test r11 value = 0,888 (reliable), on normality test X2count value = 9,2 (normal distribution). On t-test it was obtained that tcount = 7,92 and ttable = 2,060, so that tcount> ttable. Based on those results, it can be conclude that there was significant effect to social science learning result on history figures matter. Keywords:effect, picture media, learing result.
Copyrights © 2015