Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATERI TENTANG EKOSISTEM DI SDN JERUK I/469 SURABAYA

SATRIA WIBAWA, FAISAL (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penerapkan model pembelajaran tidak dipergunakan sehingga yang seharusnya menerapkan model pembelajaran untuk lebih menarik dan menimbulkan motivasi siswa dalam pembelajaran, jarang dilakukan oleh guru. Pembelajaran demikian menyebabkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menjadi rendah.. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model kooperatif tipe STAD, mendiskripsikan aktivitas guru dan mendeskripsikan aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes , dan tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa secara rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal mengalami perbaikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif tipe STAD dan Hasil Belajar.   Abstract Assembling of learning model isn’t used so that shall be more interest and grow student motivation in the learning, it’s seldom done by teacher. This learning causes student’s learning result on thematic learning be slow. This research purposes to describe cooperative model type STAD, teacher and students activities. This research uses action class research planning that is done in 2 cycles and each cycle consists of 4 steps. Collecting data technique uses observation, test, and learning result test. Data that has collected, is analized with descriptive qualitative and quantitative analysis technique. The result of research shows that the learning is done good. Student’s learning result clasical completely be improvement. Keyword: learning model, cooperative type STAD and learning result.

Copyrights © 2015