Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

SATYA CHARISTI, NYOMAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Selama proses pembelajaran guru tidak menggunakan media dalam penyampaian materi pelajaran. Penyampaian materi pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi koperasi dengan menggunakan media mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan adalah dengan teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian dengan menggunakan media mind mapping, didapatkan hasil penelitian siklus I sebagai berikut : presentase aktifitas guru mencapai 77,7% aktifitas siswa mencapai 78,2% dan hasil tes siswa melalui ketuntasan klasikal mencapai 64,9%. Berdasarkan hasil tersebut maka belum mencapai indikator ketercapaian aktifitas guru dan siswa yaitu 80% dan ketuntasan klasikal 75% sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II sebagai berikut : prsentase aktifitas guru mencapai 90,9%, aktifitas siswa mencapai 83,2%, dan hasil tes siswa melalui ketuntasan klasikal mencapai 77,2%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN I Menganti Gresik. Kata Kunci: Media, mind mapping, hasil belajar.     Abstract During teaching-learning process, the teacher did not use such media in delivering the material. The material was given by explaining directly. This research aimed to find out the teacher’s activities, students’ activities and the students’ result in learning social science using mind mapping medium. This research used classroom action research method and descriptive quantitative technique. The techniques which were used in collecting data are observation and test. Based on the result, the data obtained for the first cycle was stated as follows: the teacher’s activity percentage was 77,7%, students’ activity was 78.2%, and the students’ result based on the completeness minimum criteria was 64.9%. Based on those results, it was not fulfilled the indicator of the teacher and students’ activity standard of 80 % and classical standard of 75 %. Thus, it needed such improvement in the second cycle. The result of the second cycle was stated as follows; the teacher’s activity percentage was 90.9%, students’ activity was 83.2%, and the students’ result based on the completeness minimum criteria was 77.2%. To conclude, mind mapping medium could improve the students’ result for social science in the fourth grade SDN 1 Menganti, Gresik. Keyword : mind mapping, learning result, social science. 

Copyrights © 2015