Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI IPS DI SEKOLAH DASAR

Sarah Febriani, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu untuk meningkatkan aktifitas guru dan siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS. Hal tersebut tentunya membutuhkan suatu sumber belajar berupa alat atau media pembelajaran yang sesuai sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu penulis memberikan alternatif dengan menggunakan media flashcard sebagai alat bantu yang dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Adapun teknik atau metode yang digunakan adalah dengan teknik observasi aktifitas guru, aktifitas siswa, serta metode tes. Observasi aktifitas guru dan siswa dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP (rancangan pelaksanaan pembelajaran)selama proses pembelajaran, selain itu untuk mengetahui efektivitas guru dalam mengajar dan antusias siswa mengikuti pelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil tes belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media flashcard. Berdasrkan hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian dengan menggunakan media flashcard, didapatkan hasil penelitian siklus I sebagai berikut : presentase aktifitas guru mencapai 78,5%, aktifitas siswa mencapai 73,9%, dan hasil tes siswa melalui ketuntasan klasikal mencapai 65,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka belum mencapai indicator ketercapaian aktifitas guru dan siswa yaitu 80% dan ketuntasan klasikal 75% sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil pnelitian pada siklus II sebagai berikut : prsentase aktifitas guru mencapai 90,1%, aktifitas siswa mencapai 88%, dan hasil tes siswa melalui ketuntasan klasikal mencapai 90,6%. Maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan menggunakan media flashcard di kelas IV dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Media flashcard, pembelajaran, hasil belajar.     Abstract Classroom action research which was conducted by the researcher had purposes to be achieved; those were to improve the teacher and students’ activity and the students’ result in learning social science. It certainly needed the appropriate learning sources in term of the tool and medium in order to support the achievement of learning objectives. Therefore, the researcher gave the alternative way, flashcard, as the tool which could be applied in teaching-learning process. This research used classroom action research design. The techniques or methods were observation and test. The observation was conducted to see the teacher and students’ activity. It was conducted to know the implementation of lesson plan during the teaching-learning process, the teacher’s effectiveness in teaching and the students’ enthusiast. Besides, the test was used to know the students’ result after having social science class which applied flashcard as the media in teaching-learning process. The result of the first cycle were stated as follows: the teacher’s activity percentage was 78.5%, students’ activity was 73.9%, and the students’ result based on the completeness minimum criteria was 65.6%. Based on those results, it was not fulfilled the indicator of the teacher and students’ activity standard of 80 % and completeness minimum criteria of 75 %. Thus, it needed such improvement in the second cycle. The result of the second cycle was stated as follows; the teacher’s activity percentage was 90.1%, students’ activity was 88%, and the students’ result based on the completeness minimum criteria was 90.6%. To conclude, the social science learning with technology development as the material which used flashcard in fourth grade is successful. Keyword: flashcard media, learning, learning result. 

Copyrights © 2015