Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BABATAN 1 SURABAYA

LISTIA ANDINI, LINDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dari rata-rata post-test kelas kontrol 10,89 dan kelas eksperimen 18,35. Dari perhitungan uji gain kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar 0,47 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol 0,12. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model telaah yurisprudensi dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: model pembelajaran, Telaah Yurisprudensi, hasil belajar   Abstract This research purpose is to find a significant difference between the results of student study that apply an ainquiry jurisprudence and conventional learning model. The research form is quasi experiment with nonequivalent control group design that use quantitative data analysis technique. The data gathering technique is test and observation. Based on the calculation of the class average post-test gained control 10,89 18,35 and the experiment.Calculation of the gains increased the results of the experiment to 0.47 higher than a control 0.12.It means that there is a significant difference between the results of an analysis study the student who applies to jurisprudence and conventional learning model. The keywords: learning model, examine jurisprudence, the results of the study

Copyrights © 2015