Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SEKOLAH DASAR

DWI PUSPANINGRUM, RISKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan perangkat tes. Penggunaan media big book, terlaksana dengan baik, terlihat dari rata-rata hasil kedua observer yang menunjukkan persentase 92,5%. Penelitian menunjukkan hasil yang sangat signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan literasi informasi siswa  pada kelas eksperimen  sebesar 14,50. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 6,82. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan media big book pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment). Kata Kunci: Media, Big Book, Literasi Informasi.   Abstract The aim of this research was to know level of influence the significance in using the media big book to the ability to information literacy students and to know how to use big book media to the information literacy ability students. This research used quantitative with Nonequivalent Control Group Design. Instrument collection of data using sheets observation and test equipment. This media utilisation has done, it looked from average second result observer that showed the percentage 92,5 percent. The Research has shown a very significant probability with 0.000. Average ability to information literacy students in the class experiment of 14.50. Meanwhile, in control classes of 6.82. This showed that there was an significant effect on using the media big book in the class experiment that given preferential treatment (treatment). Keywords: Media, Big Book, Information Literacy.    

Copyrights © 2015