Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MIND MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP WAKTU DAN KRONOLOGI SISWA DI SEKOLAH DASAR

AGUNG YULIAN PUTRA PERDANA, RIZKI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi dan besarnya pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis uji-t. Hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,025 atau (p < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi mind map terhadap penguasaan konsep waktu dan kronologi. Besarnya pengaruh diperoleh dari perhitungan N gain yaitu 0,7 dalam kriteria tinggi. Kata Kunci: Strategi Mind Map, Waktu dan Kronologi   Abstract The reseacrhed aimed to investigate the effect of the application of the mind map strategy for mastering the concept of time and chronology and magnitude of the effect of the application of the mind map strategy for mastering the concept of time and chronology. This type of research included experimental research design types Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniqued is the test. Data analysis techniqued which uses t-test analysis. Resulted of t-test with a significance level of 5% is 0.025 or (p <0.05). It showed that there were significant application of mind map strategy for mastering the concept of time and chronology. The magnitude of the effect is obtained from the calculation of the N-gain of 0.7 in the high criteria. Keywords: Mind Map Strategy, Time and Chronology 

Copyrights © 2015