Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN BABATAN 1 SURABAYA

Dian Prima Dewi, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak                                                                   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada kemampuan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction), dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitaian adalah jenis eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Babatan I/456 Surabaya. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptf dan uji t independent dengan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan probabilitas 0,000. Rata-rata nilai kemampuan penguasaan konsep siswa  pada kelas eksperimen  sebesar 8,92. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 4,17. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment).   Kata Kunci: pembelajaran,  ARIAS, penguasaan konsep     Abstract The purpose of this research ware to significance influence ARIAS leraning models to mastery of concept  of student in the class of IV SDN Babatan I/456 Surabaya. This research uses quasi experiment with nonequivalent control group design. The population research is a student of class iv at SDN Babatan I/456 Surabaya. The sample of this research use random sampling technique that choosed two classes, IV-A as experiment group and IV-B as control group. The data was collected by test instrument which multiple choice type. Data analyzed uses statistics deskriptf and test it t independent with spss 22.0. version. The Research has shown a very significant probability with 0.000. Average ability to concept autority students in the class experiment of 8,92. Meanwhile, in control classes of 4,17. This shows that there is effect on using the ARIAS learning models  in the class experiment that given preferential treatment (treatment). Keywords: learning, ARIAS, mastery of the concept

Copyrights © 2015