Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT DI KELAS VB SDN SAMBIKEREP III/592 SURABAYA

KURNIAWAN ARIP PIYANTO, HIMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dan  merupakan  kompetensi yang harus dikembangkan untuk menghadapi masa depan menjadi latar belakang penelitian ini. Pelaksanaan penelitian pada kelas VB di SDN Sambikerep III/592 Surabaya ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan pendekatan saintifik, mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah kelas VB yang berlokasi di SDN Sambikerep III/592 Surabaya Jalan Raya Sambikerep no. 02 kecamatan Sambikerep. Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi menggunakan instrumen penelitian berupa lembar aktivitas guru dan siswa, serta melalui tes menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 14,29 % yakni dari 67,86 % pada siklus I menjadi 82,14 % pada siklus II, aktivitas guru juga mengalami peningkatan sebesar 11,88 % yakni dari 72,50 % pada siklus I menjadi 84,38 % pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa meningkat sebesar 13,75 % dari 71,88 % pada siklus I menjadi 85,63 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini  guru disarankan dapat menerapkan pendekatan saintifik untuk mengajarkan kompetensi lain yang dibutuhkan untuk masa depan. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Berpikir kritis    Abstract The background of this research is based on the low of  student ability to think critically. The subject of this research is fifth grade B class in SDN Sambikerep III/592 Surabaya. The purpose of the research are to describe the activities of teacher and student as long as study with scientific approach, to describe the critical thinking of student with scientific approach. This research used classroom action research. There are to cycles, that consists of planning, acting, observing, and reflecting. The subject was fifth grade B class in SDN Sambikerep III/592, JL.Raya Sambikerep no.2 kecamatan Sambikerep.The instrument used in this study is the observation sheet activities of teachers and students for learning and critical thinking test sheet student. The result of the research showed that there were many increasing from students’ skill to think critically. The percentage before using the approach is 67,86% in cycle I become 82,14% in cycle II. The teacher activities also increased become 72,50% become 84,38% in cycle II. After that, the student became 71,88% in cycle I became 85,63% in cycle II. Based on the research, the teacher suggested to apply the scientific approach to develop their competency for next future. Key Word: Scientific Approach, Critical Thinking 

Copyrights © 2015