Abstrak Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah tentang kreativitas peserta didik diimplementasikan pada suatu desain pembelajaran dengan dilengkapi panduan bagi guru dan siswa. Hal tersebut menjadi landasan permasalahan dari penelitian. Didukung dengan hasil tes berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Ketintang I/409 Surabaya yakni tidak lebih dari 30% siswa tuntas. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan LKS terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode quasi-experiment dan menggunakan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Melalui teknik pengumpulan data pengamatan kegiatan pembelajaran dan tes guna mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa, diperoleh hasil dari analisis t-test dengan harga sig ≤ 0.05 yakni sebesar 0.000 dan juga berdasarkan harga t yang disebut dengan thitung lebih besar dari harga ttabel. Diketahui thitung 3.978 sedangkan harga ttabel (df=26) 2.056 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara LKS Gambar Ilustrasi dengan Keterampilan Berpikir Kreatif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, LKS Gambar Ilustrasi, Keterampilan Berpikir Kreatif. Abstract One of the characteristics of the curriculum 2013 is aboutcreativity which is implemented into the learning completed by guidance of teachers book and students books. That case become background of this research. Supported by the test result of students creative thinking which is conducted in SDN Ketintang I/409 Surabaya, in grade IV, there are only about 30% who pass the test.. The aim of this study is to find the influence from the worksheet usage of Illustration Image toward the students’ creative thinking skills. This study uses a quantitative research by quasi-experimental methods. The research design that is applied is Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. By mean of observation and tests, can be known that the test results are analyzed using different test obtained sig ≤ 0.05 in amount of 0.000 and it can be based on value of t which is called tcount in amount 3.978. Tcount is higher than ttable in amount (df=26) 2.056 for significance 5 %. It can be concluded that the Worksheet usage of Illustration Image has a significant effect on creative thinking skills. Keywords: Worksheet Student, Worksheet Usage Of Illustration Image, Creative Thinking Skills.
Copyrights © 2015