Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

APRILIANSYAH, RIZKI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Dengan diterapkannya kurikulum 2013 maka secara otomatis bentuk pembelajaran di sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik.Penerapan pembelajaran tematik dianggap lebih sesuai dengan perkembangan fisik dan psikis anak.Sayangnya konsep pembelajaran tematik yang baik tidak diiringi dengan kemampuan guru dalam beradapatasi dengan pembelajaran tematik.Banyak guru yang masih merasa kesulitan menerapkan pembelajaran tematik di kelas. Sehingga, hal tersebut secara tidak langsung akan membingungkan siswa karena pengetahuan yang diperoleh tidak terstruktur dengan baik. Pemahaman siswa seringkali tidak bertahan lama karena materi yang disampaikan hanya sekilas dan terkesan dangkal.Untuk memperbaiki keadaan tersebut, salah satu caranya adalah dengan menstruktur pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh siswa dalam bentuk bagan atau peta konsep.Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kemudian untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar dimensi pengetahuan antara kelas ekperimen yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan kelas kontrol dilakukan uji Independent Samples T-Test pada IBM SPSS Statistic 16.0. Dari hasil uji gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol, yaitu sebesar 0,23 . Dari hasil uji-t satu pihak diperoleh nilai t-hitung (-5,571) dan t-tabel (2,338) dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasiltersebutdapatdisimpulkanbahwahasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingdalam pembelajaran IPA padatema Ekosistem lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD. Kata Kunci: pengaruh model pembelajaran, Student Facilitator and Explaining,hasil belajar Abstract By the implementation of the curriculum of 2013, automatically the learning form in primary school use thematic learning. Implementation of thematic learning is considered more appropriate to the physical and psychological development of the child. Unfortunately, the good concept of thematic learning does not accompanied by teacher’s ability to adapt to the thematic learning. Teachers still find it difficult to implement the thematic learning in the class. So, it is indirectly will confuse students because knowledge that is gained is not well structured. Understanding students often do not last long because the material presented only briefly and superficially. To improve the situation, one of the way is to structure the knowledges that is obtained by the students in the form of a chart or map concept. Based on that, researchers wantto know whether the use of student facilitator and explaining learning model can affect studen’s learning results. Then,to determine thedifferences in the cognitive learning resultsbetweenexperimentalclass which useStudentFacilitatorandExplaininglearning model and thecontrol class, a test is done that isIndependent SamplesT-Test on theIBMSPSSStatistics16.0. From theresultsgainof the experimental class is higher thanthe control class, the value is0.23. From the t-test results, it is obtained a counted t (-5.571) and t-table (2.338) with significance level of 0.05. From these results it can be concluded that the cognitive learning student who use  Student Facilitator and Explaining model in the science learning on the theme of Ecosystem is better than the results of student learning using STAD model. Key word :cooperative learning, Student Facilitator and Explaining, learning results. 

Copyrights © 2015