Abstrak Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 menjadi tantangan bagi para guru karena harus membutuhkan penyesuaian. Hal ini berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang rendah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini Quasi-Experimental dengan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design yang diterapakan pada siswa kelas IV-B SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas adalah pretest = 0,310 dan r11 posttest = 0,444. Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung adalah 9,25 dan ttabel adalah 2,02. Hal Sedangkan, hasil angket berada di kategori sangat baik yaitu 91,21%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Kata Kunci: pengaruh, inkuiri terbimbing, hasil belajar. Abstract Based on 2013 curriculum, learning is a challenge for teachers because it needs a . That will give low effects on students learning resultss. Guided Inquiry learning models able to improve students learning outcomes. This research aims to know the influence of Guided Inquiry Learning Models on students learning outcomes. This research uses Quasi Experimental design, especially Group Pre-test and post-test design who is applied to students Grade IVB of SDN Lidah Wetan II / 462 Surabaya. Data collection techniques who is used in this study are the achievement test and questionnaires. The researcher used normality test and test hypotheses as Data analysis techniques. The results of normality test are R11 pretest = 0,310 and R11 post test = 0,4444 and the results of the t test are t count = 9,25 and t table= 2,02. Meanwhile, the result of the questionnaires is in the excellent category that reaches on 91,21 %. Based on those results, it can be concluded that the guided inquiry learning effect on the learning outcomes of fourth grade students of SDN Lidah Wetan II / 462 Surabaya. Keyword : Influence, Guided Inquiry, Learning Results
Copyrights © 2015