Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROSES MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD 

AZIZAH, UMRIYATUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Proses Menulis Terbimbing dalam keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Randuagung Gresik dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi Proses Menulis Terbimbing terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Randuagung Gresik. Penelitian ini menggunakana rancangan penelitian eksperimen jenis pre-exsperimental design atau quasi exsperimental dengan  desain pre-test and post-tes group. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 2 Randuagung Gresik yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.  Hasil observasi yang dilakukan oleh dua pengamat pada penerapan strategi Proses Menulis Terbimbing berjalan sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. Nilai skor rata-rata yang diperoleh dari kedua pengamat adalah 3,8. Sedangkan rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa sebelum diberi perlakuan (pre-tes) adalah 68,15 dan sesudah diberi perlakuan (pos-tes) adalah 83,46. Sementara itu, hasil uji t-tes diketahui bahwa thitung = 15,008 dan ttabel 5% = 2,042 dan 1% = 2,750. Jika dibandingan dengan ttabel, maka thitung > ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi Proses Menulis Terbimbing terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Randuagung Gresik Kata Kunci: strategi proses menulis terbimbing, keterampilan menulis deskripsi. Abstract The purpose of this study was to determine how the application process strategy Guided Writing in writing skills description fourth grade students of SDN 2 Randuagung Gresik and to know how to influence Guided Writing Process strategy against writing skills description fourth grade students of SDN 2 Randuagung Gresik. This research is an experimental research design using current pre-kind or quasi exsperimental exsperimental design with pre-test and post-test group. Samples were students of class IV-B SDN 2 Randuagung Gresik which amounts to 32 students. Data collection techniques used were observation and tests. The results of observations conducted by two observers on the implementation of the strategy process is run in accordance with Guided Writing lesson plans that have been made. The value of the average score obtained from the two observers was 3.8. While the average test results obtained by the students before the treated (pre-test) was 68.15 and after treated (post-test) is 83.46. Meanwhile, test results of t-tests known that t = 15.008 and ttabel 5% = 2.042 and 1% = 2,750. If compared with ttable, then thitung> ttable. From these results it can be concluded that there is significant influence strategy implementation process of the Guided Writing writing skills description fourth grade students of SDN 2 Randuagung Gresik  Keywords: strategy guided writing process, writing skills description.

Copyrights © 2015