Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penggunaan strategi mind map pada pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Cemengkalang Sidoarjo, dan 2) penggaruh strategi mind map terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Cemengkalang Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test and post-test one group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes, yang meliputi pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pembelajaran dan lembar soal tes. Observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentase berdasarkan pengamatan setiap aspek indikator yang telah ditetapkan. Sedangkan data hasil nilai pre-test dan post-test keterampilan menulis siswa dianalisis dengan uji t. Observasi keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dua kali, pada pertemuan 1 keterlaksanaan pembelajaran 92,5% dan pada pertemuan 2 keterlaksanaannya 93,18% sesuai dengan yang telah dirumuskan dalam RPP. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi mind map terlaksana dengan baik. Pada uji t diperoleh hasil thitung = 10,56 dan ttabel = 2,045 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi mind map terhadap keterampilan menulis narasi. Kata Kunci: strategi mind map, keterampilan menulis narasi Abstract This research aimed to know 1) the use of mind map learning strategy on learning writting narrative skill, and 2) the effect of mind map learning strategy towards writting narrative skill 4th grade student of SDN Cemengkalang Sidoarjo. To achieve those purposes, a quasi experiment has been conducted by using pre-test and post-test one group design. Data collection with technique observation and test, including pre-test and post-test. An instrument used is observation learning form and test form. Observation implementation learning, analyzed in percentage based on observation in every aspect of indicator has been set. While, the value of pre-test and post-test writing narrative skill, analyzed with t-test. Observation implementation of learning activity conducted twice, in first learning, implementation of learning that 92,5%, and in second learning, implementation of learning that 93,18% according to implementation plan of learning. It shows that the use of mind map learning strategy performing well. In t-test resuls that tarithmetic = 10,56 and ttable = 2,045, so that tarithmethic > ttable. Those things shows that there significant effects between mind map strategy on writing narrative skill. Keywords: mind map learning strategy, writing narrative skill.
Copyrights © 2015