Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu pelajaran IPA kurang diminati siswa kelas IV SDN Tanggul Wonoayu Sidoarjo dan dianggap sebagai mata pelajaran yang memiliki konsep yang sulit. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran discovery. Penelitian ini menggunakan teknik observasi. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama II siklus, pada siklus I yaitu 88% dan pada siklus II menjadi 100%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa, siklus I 61% dan siklus II 81%. Hasil belajar siswa pada siklus I prosentase kentuntasan belajar 77% dengan rata-rata kelas 81. Siklus II sebesar 100% dengan rata-rata kelas 86. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Tanggul Wonoayu Sidoarjo. Kata Kunci:IPA, model pembelajaran discovery, hasil belajar. Abstract The background of this research was Science subject that is not interesting to the fourth graders of SDN Tanggul Wonoayu Sidoarjo and is seen as a subject with difficult concept. The purpose of this research was to improve teacher activities, student activities and student study result by implementing discovery learning model. The methods was the class action research. Data collection were observation methods. The teacher activities during the two cycles, the cycle I is 88% and cycle II 100%. The progress also occured in the student activities cycle I is 61% and cycle II 81%. Student student study result cycle I is 61% and cycle II 81%. Student student study result cycle I is 77% with the average score of the class 81%. Cycle II 100% with the average score of the class 86. It concluded that application of discovery learning model develop student natural studies class of IV SDN Tanggul Wonoayu Sidoarjo. Keywords: natural studies, discovery learning model, student study result.
Copyrights © 2015