Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri pada tema kerajinan tangan setelah memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditandai dengan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran mendapatkan skor ≥80%. Hasil belajar siswa pada tema kerajinan tangan ditandai rata-rata nilai yang dicapai ≥75 sebanyak 80% dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 70,54% menjadi 86,61% di siklus II, aktivitas siswa meningkat dari 74,04% di siklus I menjadi 87,50% di siklus II dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing meningkat dari 73% di siklus I menjadi 84% di siklus II. Kata Kunci: hasil belajar, tema kerajinan tangan, Snowball Throwing. Abstract This research was aimed to describe teacher’s activity, student’s activity and result of study among 3rd grade students in elementary school by the handicraft theme after achieving learning activity by applying Snowball Throwing learning method. This research is kind of class action. Subject of this research was that 3rd grade students of elementary school consist of 20 students. Data collection technique in this research was that using observation, written test, and documentation. Indicators success in this research marked with the activity of teachers and students in learning activities score ≥80%. The result study of students on the theme if handicraft marked the average value reached ≥75 as many as ≥80%of the number of students. The research results show an increase in the activity of teacher into a cycle I of 70,54% to 86,61% in the cycle of II, the activity of students increased from 74,04% in the cycle of I to 87,50% in the cycle of II and the result study of students after using a Snowball Throwing learning method increased from 72,75% in the cycle of I to 83,50% in the cycle of II. Keywords : result study, handicraft theme, Snowball Throwing.
Copyrights © 2015