Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

DWI DESISKA, REDITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa masih rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN I Cerme Kidul Gresik. Hal ini di karenakan pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru. Berdasarkan kelemahan yang terjadi, peneliti menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Make a Match pada pembelajaran Matematika. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu: mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Make a Match.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa  mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata nilai ketercapaian sebesar 75,6% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai ketercapaian sebesar 81,3% meningkat menjadi 86,6%. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh rata-rata nilai sebesar 79,3 meningkat menjadi 85,3 dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh persentase 56,7% meningkat menjadi 86,7% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Make a Match dapatmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakelas III SDN I CermeKidul Gresik. Kata Kunci: Model Pembelajaran InovatifMake a Match, HasilBelajar, Matematika.   Abstract The result of observations managed shows that the mathematics learning results of the third graders of SDN I CermeKidul Gresik is considered low. It happened as the center of the teaching and learning process was the teacher. Based on those problems, the researcher decided to utilize Make a Match – Innovative Learning Model in the teaching Mathematics. The purposes of this study are: to describe the teacher’s activity,to describe students’ activity, and to describe the increase of students’ learning resultduring the implementation of Make a Match – Innovative Learning Model. This research is a classroom action research (CAR) using observations, tests, and questionnaires of students’ responses as the data collection techniques. The result of this study shows that there is a noticeable increase of teacher’s and students’ activity, and students’ learning results within cycle I and cycle II. The means of accomplishment score of teacher’s activity reaches out 75.6% and rises to 82.5% within cycle II. The means of accomplishment score of students’ activity reaches out 81.3% within cycle I and rises to 86.6% within cycle II. Classically, the means of students’ learning result is 79.3 and 85.3% within cycle I and cycle II, respectively. The classical completeness rate of students’ learning result is 56.7% and 86.7 in cycle I and cycle II, respectively. Based on those results, it can be concluded that the implementation of Make a Match – Innovative Teaching Model can increase the third graders’ mathematics learning result in SDN I CermeKidul Gresik.  Key terms: Make a Match – Innovative Learning Model, Learning Results, Mathematics.

Copyrights © 2015