Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BIASA SEKOLAH DASAR

BHALU, AGUSTINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam membedakan penyebut dan pembilang dan  kesulitan dalam menentukan nilai dari penjumlahan pecahan biasa.  Hal ini terjadi karena dimungkinkan siswa kurang  memahami konsep pecahan, siswa sudah terbiasa menghafal rumus-rumus yang diberikan guru tanpa mengaitkan materi yang dipelajarai dengan benda nyata yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yang menggunakan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis yaitu pre-test dan pos-test dengan nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 49,8 dan pada kelas kontrol sebesar 52,2, sedangkan nilai rata-rata pos-test pada kelas eksperimen sebesar 76,48 dan pada kelas kontrol sebesar 58,3. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual efektiv dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan biasa siswa kelas III SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya.   Kata Kunci: Penjumlahan pecahan biasa, pembelajaran matematika, model pembelajaran kontekstual   Abstract The Backgroundof this research was the student’s problems in discriminate between denominator and numerator and difficulty in determine the value in common fraction. It was may due to student unable to understand fraction concepts, and they used to memorized formulations that received from teacher without relating matter that have learned with concrete object on surrounding environmentThis was a pseudo-experimental research. Data collecting technique applying written test namely pre-test and post-test with pre-test mean on experiment group as big as 49.8 and on control ones was 52.2, while post-test mean on experiment group was 76.48 and control group was 58.3. it can be conclude that contextual learning model was effective on math learning in common fraction summation on third grade student of SDN Lidah Kulon IV/467 Surabaya.  Keywords :common fraction, math learning, contextual learning model

Copyrights © 2015