Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TUNGGAL DI KELAS III SDN LAKARDOWO MOJO

SUPARMI, (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar tunggal, mendiskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar tunggal, serta mendiskripsikan kendala-kendala apa yang muncul dan bagaimana cara mengatasi dalam meningkatkan keterampilan menulis pyisi dengan menggunakan media gambar tunggal di SDN lakardowo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalak guru dan siswa kelas III sdn lakardowo mojokerto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan, teknik tes, teknik catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% baik pada siklus I maupun siklus II. Nilai ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari 79,16 pada siklus I menjadi 87,08 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 63,36% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,36%. Kendala-kendala yang dihadapi pada siklus I adalah media dipasang tidak tepat ditengah, masih ada siswa yang bermain dengan temannya yang dapat diatasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penggunaan media gambar tunggal dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, media gambar tunggal   Abstract The purpose of this study is to describe the implementation of learning poetry writing skills using a single image media, describing the learning outcome poetry writing skills by using a single image the media, as well as describe any obstacles that arise and how to cope in improving writing skills using media images pyisi SDN single lakardowo. This study uses a classroom action research that consists of two cycles. The subjects of this study the teachers and students of class III Sdn lakardowo mojokerto. Data collection techniques in this study of observation techniques, test engineering, engineering field notes. The results showed feasibility study up to 100% either in the first cycle and the second cycle. The value of learning achievement has increased from 79.16 in the first cycle to 87.08 in the second cycle. Completeness classical learning outcomes in the first cycle of 63.36% increased in the second cycle of 86.36%. Constraints faced in the first cycle is not installed right in the media, there are still students who play with a friend who can be overcome. Based on the results of these studies use a single image media can improve student learning outcomes in writing poetry. Keywords: poetry writing skills, media single image

Copyrights © 2015