Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZAZILATUL KHIKMIAH, YUAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Pada pembelajaran tematik terpadu di SD ketika menyajikan materi tersebut guru kurang kreatif, terkadang mengakibatkan siswa bosan, jenuh dan tidak bersemangat dalam belajar. Dari nilai KKM yang ditentukan hanya 13 siswa yang mencapai KKM. Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar siswa menggunakan permainan puzzle saat pembelajaran berlangsung serta peningkatan hasil belajar siswa kelas IV. Berdasarkan tujuan tersebut pada pembelajaran subtema hewan dan tumbuhan di sekitar rumahku harus mampu menciptakan situasi pembelajaran yang membuat siswa belajar lebih baik. Salah satu yang dapat digunakan dalam pembelajaran subtema hewan dan tumbuhan di sekitar rumahku adalah permainan puzzle, yaitu salah satu mainan yang dapat mengasah kemampuan menyatukan pemikiran dan tindakan. Manusia dirancang oleh alam untuk menggabungkan pengetahuan dan tindakan. sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakannya, hal yang mendasari penggunaan permainan puzzle adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan bentuk soal pada Subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Sehingga hasil belajar pada siswa bisa meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, siklus I dan siklus II mengenai pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 78,98% menjadi 88,8% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I 52,63% menjadi 84,21% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle pada pembelajaran IPA siswa kelas IV Subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di SDN Gedangan 1 Sumobito Jombang, mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : bermain, puzzle, hasil belajar   Abstract In the integrated thematic learning in primary schools, the teacher was less creative when presented the material. As result, sometimes the students fell bored and eager to learn. From the value of Minium Completeness Criteria (KKM) specified only 13 students who achieve KKM. This research describe the increasing of the teacher activity and students learning outcomes by using a puzzle games takes place during the teaching learning process and improving the fourth grade students learning outcomes. The purpose of learning is based on the sub-theme of animal dan plants around my house should be able to create the learning situation that make students learn better. One of the method that can be used in the sub-theme of learning about the animals and plants around my house is a puzzle games, improve student critical thinking and ability. Humans are designed by nature to combine knowledge and action so make it easier for students to do, the things that underlie the use of  this puzzle games was the lack of  ability of the students in doing the form of questions on sub-theme of animals and plants in my environment. So that the results can be increased the students learning. Data collection was done by observation and achievement test, the first cycle and the second cycle of learning. Data were analyzed with three stages, namely, data reduction, data presentation and conclusion. Where the learning outcomes initially only 34,2% of students who reach the value of Minimum Completeness Criteria (KKM) be 59,21% in the first cycle and increased to 89,87% in the second cycle. In addition, teacher activities also increased in the first cycle just continues to rise 67,9% to 88,8% in the second cycle. It can be concluded that the puzzle games on natural science teaching of fourth grade students with the Sub-theme of animals and plants in my environtment, SDN Gedangan 1 Sumobito Jombang, can improve the students learning outcomes.  Keywords: play, puzzle, learning outcomes  

Copyrights © 2015