Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SD

CHOIRIYAH, HIDAYATUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan dalamketerampilan menulis deskripsi. Penyebab permasalahan tersebut adalah guru menggunakan metode yang masih bersifat tradisional yang berpusat pada guru, materi yang disampaikan hanya sebatas pada buku pegangan tanpa ada sumber belajar yang terbaru, guru tidak menggunakan media pembelajaran, danguru hanya memanfaatkan gambar yang ada pada buku siswa dan siswa menulis deskripsi berdasarkan gambar yang ada di buku. Hal itu berakibat pada siswa cenderung lama untuk menghasilkan karangan deskripsi dengan maksimal dan kesulitan dalam menuangkan gagasan.Oleh karena itu peneliti berupaya memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan media lingkungan sekolah. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa setelah menggunakan media lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Subjek penilitian ini adalah siswa kelas II SDN Banjarsari Cerme Gresik yang berjumlah 31siswa. Dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar tes dan lembar catatan lapangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa aktivitas guru pada siklus I dan II terlaksana 100%.Ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama yaitu76,47dan pada pertemuan kedua yaitu 81,90, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama yaitu  91,76 dan pertemuan kedua yaitu 95,23. Nilai rata-rata pencapai KKM siklus I 79,1 sedangkan siklus II 86,92. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 62,06%, pada siklus II mencapai 86,2%. Berdasarkan hasil tersebut,disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan sekolah dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN Banjarsari Cerme Gresik. Kata kunci : media, lingkungan sekolah, menulis deskripsi                                                                                          Abstract The background of this research that the two grade students of SDN Banjarsari Cerme Gresik have difficulty in write a description. The cause of these problems is the teacher who is still using the traditional teachercentered, material presented only in the handbook without the latest learning resources, the teacherdid not use learning media and he only used the picture in student’s book, and the students wrote description text according to the picture in the book. It could take long time for the students to make the good description teks, and the difficulties in product idea. Therefore, researchers endeavor to solve these problems by using environment school media. By purposing to find out how teacher activity and increasing writing description skill of student after using school environmen media. This study uses Classroom Action Research (CAR), which uses data analysis techniques of qualitative and quantitative descriptive. Subject of this research is the fifth grade students of SDN Banjarsari Cerme Gresik totaling 31 students. Having conducted through second cycles and each cycle consisting of planning, implementation, observation, reflection. Data collection techniques being used is observation, tests, and field notes. Based on the research that has been conducted, the obtained result that the feasibility study on the first cyle the first meeting and the second meeting is  76,47 which is 81,90, while in the second cycle the first meeting of 91,76 the second meeting is 95,23. The average scores to completeness minimum criteria cycle I 79,1 and cycle II 86,92. Percentage completeness classical study in cycle reaches 62,06%, while in the second cycle, reaching 86,2%. Based on the research findings, it can be concluded that the use of  environmen school media increasing writing description sklills of two grade students of state primery school description Banjarsari Cerme Gresik. Keywords: media, school environmen, write a description

Copyrights © 2015