Abstrak Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Plumbon II, menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita siswa masih rendah. Sebanyak 71,4% dari 22 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu berorientasi pada guru dan cenderung menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan metode peta pikiran atau Mind Map. Penerapan metode ini akan lebih menarik bagi siswa, karena peta pikiran atau Mind Map menggunakan gambar dan warna yang menarik sehingga memicu anak agar mengeksplor informasi dalam otak dan mengeluarkannya menjadi sebuah peta pikiran atau Mind Map yang akan membantu siswa dalam menyimak cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode peta pikiran Mind Map untuk meningkatkan keterampilan mengidentifikasi unsur cerita yang disimak siswa, mendeskripsikan hasil belajar menyimak cerita, dan mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran serta cara mengatasinya. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek PTK ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Plumbon II Porong Sidoarjo yang berjumlah 22 siswa. Lokasi PTK dilaksanakan di SDN Plumbon II Porong Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Melalui dua siklus penelitian yang telah dilaksanakan, maka diperoleh hasil bahwa aktivitas guru pada siklus I dan II terlaksana100%. Ketercapaian aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 76,07, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 89,285. Sementara itu, persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 13,63%, sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Kendala-kendala yang dihadapi berpusat pada pengelolaan waktu dalam pembelajaran dan persiapan alat tulis berupa spidol warna. Kendala ini diperbaki pada siklus berikutnya dan dapat diatasi dengan baik dengan mengelola waktu sesuai kebutuhan dan persiapan alat tulis yang lengkap. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan metode peta pikiran atau Mind Map dapat meningkatkan keterampilan mengidentifikasi unsur cerita yang disimak siswa kelas V SDN Plumbon II Porong Sidoarjo. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Kata kunci: metode, Mind Map,menyimak cerita Abstract Based on observation in5thgrader ofSDNPlumbon II Porong Sidoarjo.71,4%from 22 student have not reached Minimum Completened Criteria, which is 70. The purposes of this research were to describethe application of mind map method to increase the ability of identifies story’s substance for the students, to describe students learning outcomes in thelistening story, and to describe the obstacles the teacher faced and the metode to overcome it.The research’s design is Classroom Action Research (CAR). It is done in two cycles. Each cycles consist of four steps, there are planning, implementation of action, observation, and reflection. The subject of this CAR are the teacher and 22 student of 5thgrader ofSDNPlumbon II. As for the location of this CAR is in SDN Plumbon II, which is located in the village of Plumbon Porong Sidorjo.Data collection techniques used were observation, test, and field note. While the technique of analyzing the data with quantitative and qualitative data analysis.By means of two research cycle have been implemented, then are the carried out of teacher’s activities get 100% percentage. The degree of teacher’s activities reachness in cycles one is 76,07. It increased be 89,285 in cycles two. Besides that, classical completeness study in cycles on is percentage of 13,63 %. It increased be 100%. Then, the mostly appear problem is focusing on managing time in lesson and preparations in the form of colored pencils stationery. The problems is fixed in the next cycle and can be treated successfully with managing time as needed and preparation of a complete stationery.Based on that result, concluded that the application of mind map method can improve the ability of identifies story’s substance that listened for5thgrader of SDN Plumbon II instruction process went on and of students learning outcomes in every cycles. Keyword: method, Mind Map, listened story.
Copyrights © 2015