Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH MEDIA GAMBAR BERTANGGA TERHADAP KERUNTUTAN ISI TULISAN NARATIF

DWI WURYANTI, RIZKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar bertangga terhadap keruntutan menulis isi tulisan naratif. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design). Rancangan penelitian adalah pre-test dan post-test. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ploso Krembung Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan nilai. Uji t yang dilakukan menggunakan db= 24, selanjutnya melihat tabel t diketahui pada taraf 5%=2,064, sehingga (2,064 < 7,05). Hasilnya berada di atas taraf signifikan tabel t. Dengan demikian media pembelajaran gambar bertangga berpengaruh terhadan keruntutan  isi tulisan naratif. Kata Kunci: Pengaruh, media gambar bertangga, menulis naratif.     Abstract This research aims to determine the effect of images with steps instructional media using on narrative text writing chronologically. This research used a quasi-experimental study. The research design was pre-test and post-test. The target of this research was fourth grade. The instrument used in this research was sheet of pre-test and post-test questions. The results showed that all students experience score improvement. t-test was performed using db = 24, furthermore, by looking at t table known at the level 5% = 2,064, so (2,064 < 7,05). From these results, the output is aboved the significant level of table t. Thus the images with steps instructional media affect the chronological content of the narrative text. Keywords: Effect, images with steps instructional media, writing narrative

Copyrights © 2015