Abstrak Penelitian ini tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan dengan model discovery learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Petiken, Driyorejo- Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan kegiatan penelitian sesuai dengan kenyataan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas IV, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Petiken, Driyorejo-Gresik. Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar, IPS Abstract The research aim to know the significant difference of the learning result between the discovery learning model and the conventional learning model in (social subject of grade IV at the elemantary school of 3, Petiken, Driyorejo- Gresik). This research used quasi experiment. The procedure of gathering data is an observation of the fact. The data collected was then analyzed using the test of difference of Wilcoxon Signed Rank test. The result of this research indicated that the significant difference of the learning result between the discovery learning model and the conventional learning model in social subject of grade IV. So we conclude that there was a significant difference of the learning result between the discovery learning model and the conventional learning model in (social subject of grade IV at the elemantry school of 3, Petiken Driyorejo,Gresik). Keywords: Discovery Learning, Learning Result, Social Studies
Copyrights © 2015