Abstrak Pembelajaran IPS di SDN Gununggedangan 2 Mojokerto masih dikemas secara kovensional. Guru lebih banyak berceramah dan belum memanfaatkan media dalam pembelajaran secara maksimal. Hal ini membuat pembelajaran tidak efektif, karena siswa kurang merespon terhadap pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kenampakan alam di Asia Tenggara pada siswa kelas VI SDN Gununggedangan 2 Mojokerto. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Gununggedangan 2 Kecamatan Magersari Kota Mojokerto yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data observasi penelitian guru dan siswa pada penggunaan media video dianalisis dalam presentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dalam penelitian mengalami peningkatan kualitas sebesar 10,05%, yaitu dari 75,6% pada siklus I menjadi 85,65% pada siklus II. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan 17,1% , yaitu dari 71,4% pada siklus I menjadi 88,5% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 25%, yaitu dari 60% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk mencoba menggunakan media video dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: penggunaan media video, peningkatan hasil belajar Abstract Teaching learning process of social science in SDN Gununggedangan 2 Mojokerto still in a conventional term. The teacher teach as a speech and too depends on text books, do not use any media to make the teaching learning process as maximal as possible. This condition make the teaching learning process ineffective as the students give less response to the lesson. Therefore, the researcher try to serve an innovation of IPS teaching learning process by using video. This research aims to improve the results of students’ study about the Natural Condition in the South East Asia on the sixth grade students of SDN Gununggedangan 2 Mojokerto by using Video as a media. The subjects of this research are the sixth grade students of SDN Gununggedangan 2 Mojokerto. There are 20 students on that grade. This research use classroom action research method which contains of 2 cycles. Each cycle was run into four steps; planning, acting, observing and reflecting. The data of this research were obtained from observation and test. The observation of the researcher and students’ activity during teaching learning process using video is analyze in percentage. Furthermore, the results of students’ test are analyze base on classical study completeness percentage.The result of this research show that the quality of teacher’s activity in research improved 10,5%. This improvement could be seen from the changes of percentage; 75,6% on the first cycle become 85,65% on the second cycle. The students’ activity during the teaching learning process is also increase as well at about 17,1%; from 71.4% on the first cycle become 88,5% on the second cycle. Moreover, the students’ classical study completeness is increase at about 25%; from 60% on the first cycle become 85% on the second cycle. Base on this results, it is suggeste for elementary teachers try using video as a media to improve students’ results. Keywords: video as media, improve students’ results
Copyrights © 2015