Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran khususnya materi perkalian pecahan sederhana karena guru masih melaksanakan pembelajaran yang konvensional, dan dengan cara mengajar yang monoton. Keadaan ini membuat siswa merasa bosan. Hasil observasi di kelas VA SDN Ujung X/35 Surabaya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi perkalian pecahan masih rendah dan tanpa media pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang tepat sehingga dapat meningkatkan keterampilan perkalian pecahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kertas HVS dalam menanamkan konsep pecahan untuk meningkatkan hasil perkalian pecahan sederhana, mendeskripsikan hasil belajar perkalian pecahan, dan mendeskripsikan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media kertas HVS dalam menanamkan konsep pecahan sederhana serta cara mengatasinya.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitan tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan pembelajaran perkalian pecahan dengan menggunakan media kertas HVS untuk menanamkan konsep perkalian pecahan mendapat tanggapan yang baik dari guru dan siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus I hasil observasi dari aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran hanya mencapai 64,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,84% lalu pada siklus III meningkat menjadi 94,20% dan dinyatakan dengan kriteria baik sekali. Sedangkan ketuntasan belajar siswa mencapai 85%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kertas HVS dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V A SDN Ujung X/35 Surabaya. Kata kunci : Media, Kertas HVS, Penanaman Konsep Perkalian Pecahan Abstract The background of this research is the students are not be active in studying especially in multiplication of simple fractional that has been given by teacher because probably the teacher is still apply conventional or traditional methods. This methods makes the students become bored. According to the student competency in multiplication of simple fractional is still very less from the Minimum Completness Criteria target. So that the teacher need the media to increase multiplication of simple fractional competency. The research’s purpose are to describe the using HVS paper media in instilling the concept of fractions to increase multiplication of simple fractional competency, to describe learning result of multiplication simple fractional students, and to describe the difficulties in using HVS paper media and how to solve it. This research use classroom action research with descriptive qualitative methods. The research is divided in three cycles, they are first cycle, second cycle and third cycle. Each cycle contains in planning, observation and reflection. The research’s data technique that is used are observation, test and field note observation.According to the research’s, fractional multiplication learning activities with HVS paper’s media to instill the concept of multiplication of fractions make the teaching activity become more effective and get good response from students and teachers. it can be proved by improving the teacher’s activities. At the first cycle, the teacher’s activity that is only reach about 64,50%, become 78,84% at the second cycle and 94,20% at the third cycle. It means that it is on a very good criteria level. While studying student’s result, show that the classical grade reaches 85%. From the research above we can get a conclusion that by using HVS paper media can improve and increase learning result of multiplication simple fractional especially at students in fifth grade of State Elementary School Ujung X/35. Keywords : learning media. HVS paper, Instill the Concept of Multiplication Fractions
Copyrights © 2015