Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS V SD

LISMIADARA INTAN PERMANASARI, DIAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan prosedur pengembangan buku suplemen, hasil produk buku suplemen yang berkualitas, serta efektivitas buku suplemen terhadap keterampilan menulis laporan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dari skor validasi, observasi, hasil tes, serta hasil angket. Cara pendeskripsiannya melalui teknik analisis data kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk pengembangan buku suplemen yang berkualitas melalui empat tahap prosedur pengembangan, yaitu: penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Kualitas produk ditentukan dari tiga kriteria yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan ditentukan dari penilaian yang diberikan ahli materi dan desain buku suplemen yaitu sangat baik dengan persentase 97,33% dan 100%. Kepraktisan ditentukan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen yaitusangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100% dan nilai ketercapaian sebesar 98,34. Efektivitas ditentukan dari analisis hasil tes siswa melalui uji t 5% diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 25.79 > 2.776 pada uji pengembangan 1 dan  44.93 > 2.021 pada uji pengembangan 2. Tanggapan yang diberikan siswa adalah sangat baik dengan persentase sebesar 100% pada uji pengembangan 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa produk buku suplemen yang dikembangkan memiliki kualitas dan efektivitas terhadap keterampilan siswa dalam menulis laporan. Kata kunci : buku suplemen, keterampilan menulis laporan, pendekatan kontekstual    Abstract This development research conducted with the aim to describes the procedure of supplement book development, describe qualified supplement book to product result, as well as describe the effectiviness of supplement book to writing report skill. The type of research that applied was research and development. Data collecting techniques applied were validation, questioner, observation and test. The data analysis technique being used is the analysis of quantitative data from expert validation, observations, test results, and questioner result. Describing the way through qualitative data analysis techniques.These development researches produced qualified supplement book development product through four development procedures, namely: define, design, develop, and disseminate. Product quality decided from three criterions namely: validity, practically, and effectiveness. Validity decided from matter and design expert to supplement book was very good with percentage a big as 97,33% and 100%. Practicality determined from implementation of learning in using supplement book was very good with percentage ofimplementation as big as 100% and score achievement as big as 98,34. Effectiveness  decided from student test result analysis with t-test 5% that obtained t empiric (te) value bigger than t table (tt) that is 25,79 > 2,776 on first developmental testing and 44,93 > 2,021 on second developmental testing. Also student respond as a supplement book user was very good with percentage as big as 100% on first and second developmental testing. It can be conclude that supplement book product that developed have quality and effectiveness to student’s skill in wring report. Keywords: supplement book, writing report skill, contextual approach

Copyrights © 2015