Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENYATAKAN PENDAPAT DALAM DISKUSI SISWA KELAS V SDN 4 LIDAH KULON SURABAYA

WIDYA AYUNINGRUM, MARTINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Berdiskusi adalah salah satu bagian dari keterampilan berbicara. Dalam berdiskusi terdapat kegiatan menyampaikan pendapat. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah (1) Menjelaskan prosedur pengembangan media produk video. (2) Menjelaskan kualitas produk media. (3) Menjelaskan efektivitas pengembangan produk media video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tanggapan siswa, lembar pengamatan, dan lembar tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis non statistik dan analisis statistik. Prosedur pengembangan video pembelajaran meliputi (1) penetapan(2) perancangan(3) pengembangan(4) penyebaran. Setelah dilakukan revisi dan uji coba video pembelajaran dikemas ke dalam CD. Video pembelajaran dilengkapi buku panduan. Nilai yang diberikan oleh ahli materi I yaitu 92% dan ahli materi II sebesar 95%. Ahli desain media memberikan nilai  sebesar  86,5%. Hal ini menunjukkan video pembelajaran memiliki kualitas yang tinggi. Hasil data tes siswa yang menggunakan uji t pada uji coba I sebesar 23,5> 2,776 dan uji coba II sebesar 27,34 > 2,045. Sehingga dapat dikatakan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyatakan pendapat dalam diskusi siswa kelas V SD. Kata Kunci: media,  video, diskusi. Abstract Discussion is one of the human speaking skills. There is also the activity of giving stating opinion. Media that is used in the material of the discussion is a video lesson The purpose of the study are (1) Describing procedure of media development.. (2) Describing quality of media product video. (3) Describing the effectiveness of video media product This research method is research and development. The instruments are validation sheets, student answer sheets, observation sheets, and test papers. The techniques of data analysis are non statistic analysis and statistic analysis. The procedure of development of video learning are (1) define (2)Design (3) Develop (4) Disseminate. After having revision and trial the video is burnt in to CD The video complete with tutorial book.. The score of the material valuator I and II are 92% and 95 %. The score of the media valuator is 86,5 %. It shows that the media has high quality. The results of student test using the t test at the first trial was greater than t table 23.5> 2,776 and second trials in the amount of 27.34> 2.045. In conclusion the video can increase student ability of giving opinion under discussion.             Keyword:media, video,discussion . 

Copyrights © 2015