Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TANPA DIALOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DIALOG SISWA KELAS III SD KECAMATAN WIYUNG SURABAYA

ELYANA LESTARI, NOVI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis teks dialog kurang diminati oleh siswa. Selain menjadi hal yang menakutkan, kesempatan untuk menulis sangat sedikit. Penyebab permasalahan tersebut adalah selama mengajar guru hanya menjelaskan tentang pengertian teks dialog kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian tugas. Guru tidak menggunakan media yang tepat untuk lebih memudahkan siswa menuangkan idenya dalam bentuk tulisan percakapan. Peneliti beranggapan bahwa media komik yang disajikan dalam bentuk komik tanpa dialog akan dapat memberi stimulus kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik tanpa dialog terhadap kemampuan menulis teks dialog siswa kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung lebih kecil daripada ttabel yaitu 1,574 < 2,000. Hal ini berarti, H0 diterima yaitu media komik tanpa dialog berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks dialog pada siswa kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya. Kata Kunci: ekperimen, Bahasa Indonesia, media komik tanpa dialog, kemampuan menulis, teks dialog.   Abstract This study was conducted because the students were not interested in dialogue writing activity. This activity was frightening and there was a limited chance to practice. Those problems arose since the teacher only explained the definition of dialogue text and gave tasks afterward. Teacher did not use proper media to facilitate students to express the idea in the form of dialogue. The researcher believed that comic media represented in the form of wordless comic can stimulate students. The purpose of this study is to describe the effect of wordless comic media toward the dialogue writing skill of the third graders of SD Kecamatan Wiyung Surabaya. This is an experimental study using quantitative data analysis. The data collection techniques used are observations and tests. The result of this research shows that tcomputation is less than ttable by 1.574 < 2.000. It means that H0 is accepted; the use of wordless comic media affects the dialogue writing skill of the third graders of SD Kecamatan Wiyung Surabaya. Keywords: experiment, Indonesian Language Subject, wordless comic media, writing skill, dialogue script.   

Copyrights © 2015