Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MEDIA POP UP CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KATA PADA SISWA KELAS I SDN 2 JATIPRAHU KARANGAN TRENGGALEK

RISA PATMASARI, RETNO (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kata dengan memanfaatkan media pop up card pada mata pelajaran bahasa indonesia materi menyusun kata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode research and development milik Thiagarajan Sammel and Sammel yang disebut 4-D (four D model). Berdasarkan hasil analisis pretest dan postest yang menggunakan uji t-test 5% menunjukkan peningkatan yang signifikan. Adapun penilaian yang diberikan validator pada media adalah sangat baik yaitu 92,3%. Sedangkan untuk tanggapan siswa sebesar 100% pada uji coba I dan uji coba II. Analisis hasil pretes dan postes siswa dengan uji t 5% didapatkan hasil bahwa nilai postes lebih besar dari pretes, sehingga dihasilkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 4 > 2,776 pada uji coba 1 dan  18,92 > 2,021 pada uji coba 2. Selain itu, nilai yang diperoleh pada uji coba 2 lebih besar dari uji coba 1 yaitu 18,92 > 4. Berdasarkan analisis dan penelitian maka, media pembelajaran layak digunakan, sehingga disarankan khususnya bagi guru dan siswa SD kelas I untuk menggunakan media  pop up card  dalam pembelajaran menyusun kata.   Kata Kunci: media pop up card, menyusun kata    Abstract This research aimed to improve word arranging ability by utilize pop up card media on indonesian subject arrange word matter. Reserch design that applied was research and development method by Thiagarajan Sammel and Sammel which called 4-D (four D model). Based on pretest and postest anaysis results applying t-test 5% showed significant improvement. Assesment from validator on media is very good as big as 92.3%. while for student’s respond as big as 100% on first and second trials. Pretest and postest anaysis results applying t-test 5% obtained that post-test result was bigger than pre-test, so that obtain t count value that bigger than t table namele, 4>2.776 on first trial and 18.92>2.021 on second trials. Beside, score that obtained on second trial was bigger than first ones that was 18.92>4. Based on the research and analysis, so learning media is worthed to applied. Based on those explanations, so its suggested especially on first grade teacher and student to use pop up card media on arrange words learning.   Keywords : media, pop up card, arrange word.     

Copyrights © 2015