Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH DASAR

NURMAYANTI, IKE (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Penerapan model pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah  siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Analisis data hasil pengamatan disajikan dalam bentuk persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan teknik uji t-test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh penghitungan pada hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa masing-masing menghasilkan thitung > ttabel yang berarti bahwa model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, keterampilan pemecahan masalah.   Abstract The teaching model used by teacher is a factor affecting students’ low score and ability on problem solving. The aim of this study is to describe the effectiveness of the implementation of inquiry teaching model toward the result of students’ learning and problem solving skill. This study is a quasi-experimental research with nonequivalent control group design. The data collection techniques used are tests and observations. Observed result data analysis is presented in the form of a percentage, while the test data are analyzed using t-test technique. Based on the research conducted, the calculation of students’ learning result and problem solving is tcalculation > ttable which means that inquiry teaching model provides significant impact towards the students’ learning result and problem solving.   Keywords: inquiry teaching model, learning result, problem solving skill.

Copyrights © 2015