Abstrak : Dari hasil observasi di kelas VA SDN Kupang Krajan 1 Surabaya diperoleh data dari 35 siswa di kelas VA hanya terdapat 15 siswa atau 43 % yang nilainya mencapai KKM. Guru telah menggunakan media pembelajaran, namun media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka media gambar dipilih sebagai media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 10,77 %. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15,3 %. Rata – rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada ranah pengetahuan sebesar 7,77, ranah sikap sebesar 3,32 dan ranah keterampilan sebesar 4,04. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan pada ranah pengetahuan sebesar 17,4 %, ranah sikap sebesar 5,71 % dan ranah keterampilan sebesar 11,43 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia SDN Kupang Krajan 1 Surabaya. Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar
Copyrights © 2017