Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 7 (2018)

EFEKTIVITAS MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 2 KEDAMEAN GRESIK

ARVENTIANTO, VICKY (Unknown)
HARIANI, SRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 2 Kedamean Gresik. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest-postest design. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas V B yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis, pada perhitungan T-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 yang artinya 0,00 lebih kecil dari 0,05. Jadi, penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme efektif digunakan dalam keterampilan menulis narasi siswa. Kata Kunci: media tiga dimensi tema kolonialisme, keterampilan menulis narasi Abstract This research aims to determine the effectiveness of colonialism themed three-dimensional media in learning to write the narrative of grade V Kedamean Gresik 2 Elementary school. This type of research uses a pre-experimental design with a pretest-posttest design. The sample for this research is the VB class with 23 students. The result of the research can be proved by hypothesis test, on the T-test the sig (2-tailed) value is 0.00, which means 0.00 is less than 0.05. Thus, the use of a colonialism themed three-dimensional media is effective in the students narrative writing skills. Keywords: three dimensional media theme of colonialism, narrative writing skills

Copyrights © 2018