Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 9 (2018)

PENERAPAN STRATEGI DIRECTED LISTENING AND THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SDN PULOREJO II MOJOKERTO

ISTIQOMAH, LISANIA (Unknown)
SUKIDI, MASENGUT (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Directed Listening And Thinking Activity, mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan Strategi Directed Listening And Thinking Activity di kelas V SDN Pulorejo II Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pulorejo II Mojokerto. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, diketahui bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai keterlaksanaan yang diperoleh pada siklus I sebesar 91,2 dan meningkat menjadi 95,4. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata pada keterampilan menyimak cerita yang diperoleh yaitu 77,04 dan 85,4 pada siklus II. Selain itu kendala-kendala yang terdapat pada pelaksanaan strategi DLTA juga dapat diatasi dengan baik. Kata Kunci : Strategi Directed Listening And Thinking Activity, keterampilan menyimak cerita

Copyrights © 2018