Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 3 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA RITATOON LACI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

FIRA AZKA ARIFIN, SHE (Unknown)
SUKARTININGSIH, WAHYU (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media ritatoon laci siklus air untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan teknik validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan meliputi analyze, developt, design, implement, evaluate. Kevalidan media mencapai 97,64%, dan materi perangkat pembelajaran mencapai 90% dan 91,2%. Kepraktisan media berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 94,27%. Keefektifan media berdasarkan hasil angket rata-rata 97% dan hasil tes pada uji kelompok kecil dan lapangan menunjukkan thitung >ttabel atau peningkatan yang signifikan. Hasil menunjukkan bahwa media ritatoon laci siklus air sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, media ritatoon, siklus air, keterampilan berbicara

Copyrights © 2019