Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis seleksi peserta didik program kelas khusus, (2) Proses pembelajaran program kelas khusus, (3) Kendala-kendala yang dihadapi untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus, (4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Nganjuk dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan Rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas Khusus merupakan salah satu program strategis sekaligus program unggulan SMA Negeri 1 Nganjuk yang mulai diadakan pada tahun 2007 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dengan memberikan pelayanan belajar yang maksimal berupa pembinaan bagi para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi dan didukung oleh orang tua melalui biaya tambahan yang dialokasikan untuk biaya operasional melalui pelayanan baik akademik maupun non akademik, (2) Kelas Khusus hanya untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), (3) proses seleksi peserta didik dilakukan melalui Psikotest, Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara peserta didik dan wawancara orang tua, (4) Guru yang mengajar di kelas khusus tidak melalui seleksi, (5) Kurikulum yang digunakan di program kelas khusus adalah kurikulum 2013, (6) Proses pembelajaran yang dilakukan setiap guru berbeda-beda, mulai dari metode yang digunakan dan media pembelajaran yang digunakan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran, (7) Proses evaluasi melalui penilaian secara kognitif, afektif dan psikomotor, (8) Dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala yang timbul dari dan diatasi dengan berbagai upaya yaitu dengan memaksimalkan seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus. Kata Kunci: implementasi, kelas khusus
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015