Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis: (1) implementasi “business day” dalam membentuk karakter siswa di SD Luqman Al-Hakim Nganjuk, (2) upaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Luqman Al-Hakim Nganjuk, (3) business day sebagai proses pembentukan karakter siswa di SD Luqman Al-Hakim Nganjuk Penelitian ini dilakukan di SD Luqman Al-Hakim Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan tanpa mempengaruhi subjek penelitian dan dilakukan di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan, untuk menjawab fokus penelitian, maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui pelaksanaan business day yaitu dengan melaksanakan program business day secara continue terhadap siswa, koordinasi dengan baik terhadap orangtua/ wali murid melalui surat undangan, dan memberikan contoh kebiasaan-kebiasaan baik dalam pelaksanaan business day, (2) business day sebagai proses pembentukan karakter siswa di SD Luqman Al-Hakim yaitu membentuk karakter tanggung jawab, disiplin antri, jujur, sabar, dan suka berinfaq/sedekah, dan juga business day memberikan keterampilan bagi siswa yaitu keterampilan menghitung dan keterampilan berwirausaha melalui perencanaan program yaitu rapat koordinasi stake holder, melibatkan guru, orangtua dan siswa dalam melaksanakan program, evaluasi program saat kegiatan. Kata Kunci: implementasi, business day, karakter
Copyrights © 2015