ABSTRAK STRATEGI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 BALONGBENDO SIDOARJO Nama: Intan Anggraeni NIM: 12010714009 Program Studi: S-1 Jurusan: Manajemen Pendidikan Fakultas: Ilmu Pendidikan Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya Pembimbing: Desi Nurhikmahyanti, M.Pd Membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, dengan membaca siswa dapat memperolehpengetahuan dan hal baru yanag belum mereka mengerti. Kepala sekolah mempunnyai peran penting dalam meningkatkan kegemaran membaca siswa. Maka dari itu kepala sekolah harus membuat strategi yang bertujuan menjadikan siswa gemar membaca.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala sekolah untuk meningkatkan gemar membaca siswa di SMP Negeri 2 Balongbendo dan hambatan yang dihadapi dalam penerapan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan gemar membaca di SMP Negeri 2 Balongbendo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah, strategi kepala sekolah untuk meningkatkan gemar membaca siswa adalah dengan menerapkan jeda baca yang didukung dengan adanya perpustakaan kelas. Selain itu untuk meningkatkan gemar membaca siswa diadakan sudut baca yang terletakdi tempat yang sering dikunjungi siswa dan perpustakaan sekolah yang mempunnyai peran penting untuk meningkatkan gemar membaca siswa. Hambatan yang dialami dalam pengelolaan layanan perpustakaan sekolah adalah kurangnya pengelola perpustakan sekolah. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program untuk meningkatkan gemar membaca adalah kurangnya pengawasan dan pengelolaan terhadap keberadaan perpustakaan kelas dan sudut baca. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Gemar Membaca Siswa Abstract Principal’s Strategy to Improve Student’s Reading Interest on SMP Negeri 2 Balongbendo Sidoarjo Name: Intan Anggraeni SRN: 12010714009 Study Program: Bachelor (first-degree) Major: Education Management Faculty: Education Science Institution: State University of Surabaya Advisor: Desi Nurhikmayanti, M.Pd. Research result showed that Reading is an useful activity, through reading student can gained knowledge and new things who they’re not understand yet. Principal has important role in improved student’s reading interest. Therefore, principal must make strategy that aims for make student like to read. The aim of this research was to described and analyzed principal’s strategyin improving student’s reading interest of SMPN 2 balong bendo and obstacles which experienced in applied principal’s strategy in improved student’s reading interest in SMP Negeri 2 Balong bendo sidoarjo This research applied qualitative method with descriptive approach and case study research design. Data collecting technique were applied interview, observation, and documentation. Data analysis in this research applied data reduction, data presentation, and verification. Research result were, the principal’s strategy to improve student’s reading interest by applied reading pause that supported with the existence of class library. Beside, to improve student’s reading interest constructed reading corner where located at places who frequently visited by student and school library that have important role to improve student’s reading interest. The obstacles in the management of school library service is lack of management staff of school. The obstacles in the implementation of program to increase the reading fondness is lack of conyrlack of control and management to the existence of class library and reading spot. Keywords: Principal’s strategy, increase student’s reading interest
Copyrights © 2016