Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan

PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH MADRASAH ALIYAH NEGERI TUBAN

SUPRIYANI, (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, dan bukti fisik secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih MAN Tuban, serta mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, dan buti fisik secara bersama-sama terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis linear berganda, dengan menggunakan uji simultan dan uji parsial. Sampel yang diambil sebanyak 81 siswa kelas X MAN Tuban dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk, harga, lokasi, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban sebesar 48,6%. Hasil uji secara parsial diperoleh bahwa produk dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih MAN Tuban, sedangkan lokasi memiliki nilai signifikan 0,001 <0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.463 yang > 1,99. Selain itu variabel bukti fisik memberikan pengaruh dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05 dan nilai t hitung 2.690 > 1,99. Hal ini menunjukan bahwa diantara produk, harga, lokasi, dan bukti fisik hanya variabel lokasi dan bukti fisik yang mempengaruhi keputusan siswa memilih MAN Tuban. Kata kunci: produk, harga, lokasi, sarana fisik, keputusan memilih Abstract The research is to find out of the marketing mix consist product, price, location, dan physical evidence to decision making student in choosing MAN Tuban.The method used multiple linear regression analysis,using simultaneous test and partial test. Samples taken many as 81 student class X MAN Tuban using simple random sampling technique. The result of this researh indicate that the product, price, location and physical evidence jointly influence the decision in choosing MAN Tuban of 48,6%. In partial test (t test) was known product and price not influene the desicion in choosing MAN Tuban. Whereas variable location partially significant value of 0, 001 < 0,05 and t value of3.463 which > t table 1,99. And variabel physical partially significant value of 0,009 < 0,05 and t value of2.690 which > t table 1,99. This shows amongst product, price, location, and physical evidence only location and physical evidence that effect student decision in choosing MAN Tuban.   Keyword: Product, price, location, physical evidence, desicion in choosing

Copyrights © 2016