Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA SE-KECAMATAN GAYUNGAN KOTA SURABAYA

ADY PRASETYO, DIDIK (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA se-Kecamatan Gayungan Kota Surabaya, (2) Adakah pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA se-Kecamatan Gayungan Kota Surabaya, (3) Adakah pengaruh minat belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA se-Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan sampel sebanyak 90 siswa dari tiga lokasi penelitian yaitu SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya, SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, dan SMA Negeri 15 Surabaya. Hasil penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan berdasarkan hasil uji T yaitu nilai signifikansi persepsi minat belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah yaitu 0,007 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar. Nilai signifikan persepsikeaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler (X2) terhadap prestasi belajar yaitu 0,866 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui untuk mengetahui hubungan antara minat belajar (X1) dan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswadilihat dari nilai signifikasi, yang diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,022 dan nilai alpha 0,05. Berdasarkan dengan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, akan tetapi terdapat salah satu variabel yang tidak signifikan yaitu vairabel keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : minat belajar, keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar Abstract This study aims to determine (1) Is there any influence learning interest on student achievement of class X high schools Gayungan Surabaya, (2) Is there any influence of activity of students in extracurricular activities towards the achievement of class X student high schools Gayungan Surabaya City, (3) Is there any influence of learning and student activity in extracurricular activities on student achievement of class X Gayungan high schools in the city of Surabaya. This study uses comparative quantitative approach. The population in this study is a class X with a sample of 90 students from the three research sites, namely SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya, SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, and SMAN 15 Surabaya. The results of this study resulted in two conclusions based on the test results of T ie significant value perceptions interest in learning (X1) to the learning achievement (Y) is that 0,007 <0,05. So we can conclude that a significant difference between the interest in learning and academic achievement. Significant value perception activity of students in extracurricular activities (X2) the learning achievement, namely 0.866> 0.05. It can be concluded that there is no significant effect between the activity of students in extracurricular activities on learning achievement. The results based on the F test results are known to determine the relationship between interest in learning (X1) and activeness of students in extracurricular activities (X2) the learning achievement (Y) student visits of significant value, which it is known that the significant value of 0.022 and an alpha value of 0.05 , Based on the results of the study it can be concluded that there are significant interest in learning and activity of students in extracurricular activities on learning achievement, but there is one variable is not significant, which vairabel activity of students in extracurricular activities on learning achievement. Keywords: interest in learning, active students in extracurricular activities and learning achievements

Copyrights © 2016