Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 6, No 1 (2018): Inspirasi Manajemen Pendidikan

STRATEGI PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA (STUDI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AT- TAQWA SURABAYA)

Rahmawati, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2018

Abstract

STRATEGI PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu At- Taqwa Surabaya) Desy Rahmawati Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya rahmadesy931@gmail.com   Karwanto Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya karwanto@unesa.ac.id   ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bentuk program dalam meningkatkan kedisiplinan siswa; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa di SDIT At-Taqwa Surabaya; 3) untuk mengetahui hasil peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dan diperiksa dengan teknik kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transfermabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk program kedisiplinan siswa yaitu melalui program parenting, home visit, study house, buku penghubung, dan kartu kontrol siswa; 2) Faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa terdiri atas faktor dari luar maupun dari dalam yang meliputi: motivasi dari guru, kepedulian orangtua, lingkungan, dan masyarakat; 3) Hasil peningkatan Kedisiplinan siswa bisa dilihat dari nilai akhir siswa berupa rapor dan buku poin siswa, serta prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa. Kata kunci: strategi, kedisiplinan siswa, dan program kedisiplinan siswa.   ABSTRACT Abstract: This research aims to find out 1) form of student discipline program; 2) supporting factors and inhibiting factors of student discipline program; 3) the results of students discipline improvement. This research used qualitative research. Data collection techniques by semi-structured interview, participatory observation, and documentation study. Then the data is analyzed by steps of data condensation, data presentation, and data verification. In this case the data is checked with techniques of credibility, dependability, confirmability, and transfermability. The results of this research is the 1) form of student discipline program that is through parenting program, home visit, study house, liaison book, and student control card; 2) factors supporting and inhibiting student discipline consist of factors from outside and from within which include: motivation from teachers, parental care, environment, and society. 3) The results of student discipline improvement can be seen from the final grades of students in the form of report cards and student points, as well as achievements achieved by students, be it academic or non academic. Keywords: strategy, student discipline, and student discipline program.

Copyrights © 2018