Pengelolaan Program Kelas Khusus bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa di SMP Negeri 1 Surabaya Dianita Dwi Puspa Ayu Anjasmara Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya nithadianita@gmail.com Muhamad Sholeh Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Muhamadsholeh27@yahoo.co.id Abstrak Masih jarangnya pendidikan khusus berupa program kelas khusus kepada peserta didik cerdas istimewa mengakibatkan peserta didik mengalami underachievement. Underachievent adalah kinerja yang secara signifikan berada di bawah potensinya. Layanan yang diberikan oleh sekolah seharusnya memenuhi kebutuhan peserta didik Cerdas Istimewa sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya. SMP Negeri 1 Surabaya sebagai salah satu penyelenggara kelas khusus cerdas istimewa di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan; (1) Proses identifikasi peserta didik cerdas istimewa, (2) Pelayanan yang diberikan kepada peserta didik cerdas istimewa di SMP Negeri 1 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verivikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility denan triangulasi sumber, teknik dan member check, transferability, dependability, dan conformability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Proses identifikasi peserta didik cerdas istimewa terdapat tujuh tahap, yaitu (a) PPDB, (b) Test IQ tahap 1, (c) Surat edaran bagi orang tua untuk persetujuan test tahap 2, (d) Test IQ tahap 2, (e) Sosialisasi dengan psikolog kepada orang tua, (f) Persetujuan dari orang tua, (g) Surat keterangan sehat dari dokter. (2) Pelayanan yang diberikan kepada peserta didik cerdas istimewa yaitu, (a) program layanan enrichment, (b) Memperdalam dan memperkaya materi pembelajaran, (c) Program kegiatan wajib KTI (Karya Tulis Ilmiah) dan Jurnalistik, (d) Pelayanan kepada individu yang akan mengikuti lomba, (e) Aktivitas kurikuler, (f) Aktivitas ekstrakulikuler. Sebaiknya sekolah dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan. Kata kunci : pengelolaan kelas khusus, anak cerdas istimewa, proses identifikasi, pelayanan untuk anak cerdas istimewa. Abstract There is still a lack of special education in the form of special classroom programs to the gifted and talented students that cause in underachievement of learners. Underachievement is a performance that is significantly below its potential. The services which are provided by schools have to suit with the needs of intelligent learners so they can develop their potential. SMP Negeri 1 Surabaya is the one of the organizers of Intelligent Classes in Surabaya. The purpose of this research is to know and describe; (1) The process of identification of gifted and talented students, (2) Services provided to gifted and talented students in SMP Negeri 1 Surabaya. The approach used in this research is a qualitative approach, with case study design. Data collection techniques in this study are: semi-structured interviews, observation of passive participation, and documentation studies. The data obtained are then analyzed by condensation technique, data presentaation and data verification. Then the validity data will be tasted by using credibility with triangulationn of sources, technique, member check, transferability, dependability, and conformability techniques. The results of this study indicate that: (1) There are seven steos to the process of identifying gifted and talented students, namely (a) PPDB, (b) Test IQ stage-1, (c) Circular letter to parents for approval of stage 2 test, (d) Test IQ stage-2, (e) Socialization with psychologist to parent, (f) Parental consent, (g) Health certificate from doctor. (2) Services provided to gifted and talented students are, (a) enrichment service programs, (b) Deepening and enriching learning materials, (c) Compulsory program of KTI and Journalism, (d) Service to individuals who will follow the olimpiade, (e) Curicular activities, (f) Extracurricular activities. School should have to maintain the provided service quality. Keywords : Special class room management, gifted and talented students, identification process, gifted and talented care special
Copyrights © 2018