Jurnal Pendidikan Khusus
Vol 10, No 2 (2018)

STUDI TENTANG KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP INKLUSIF

WAHYU MEI SURYANI, DIYAH (Unknown)
SUDARTO, ZAINI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SMPN 3 Krian.Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa berkebutuhan khusus yang terdapat di sekolah inklusif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat siswa berkebutuhan khusus yang meliputi 1 (satu) siswa tunarungu, 1(satu) siswa tunagrahita, dan 2 (dua) siswa berkesulitan belajar hanya 1 (satu) siswa berkebutuhan khusus yaitu siswa tunarungu yang mempunyai keterampilan sosial baik. Dampak dari keterampilan sosial yang kurang baik membuat anak tidak bisa mengembangkan persahabatan dan pertemanannya dengan baik. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Siswa Berkebutuhan Khusus, Inklusif

Copyrights © 2018