Abstrak: Penelitian ini dilator belakangi oleh kemampuan mengenal tumbuhan dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada anak Tunagrahita ringan sebagai hambatan utamanya sehingga perlu memberikan pembelajaran menggunakan model Outdoor Learning. Tujuan penelitian ini memberikan pengaruh model Outdoor Learning terhadap kemampuan mengenal tumbuhan dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada Tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis pre ekperiment dan rancangan one grup pre test dab post test dengan subjek penelitian sebayak 6 anak Tunagrahita ringan kelas IV di SLB Siti Hajar Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan uji Wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukan Zhitung ? 2,20 lebih besar dari Ztabel ? 1,96 dengan nilai krisis 5% yang berarti mpdel Outdoor Learning berpengaruh terhadap kemampuan kemampuan mengenal tumbuhan dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada anak Tunagrahita ringan kelas IV di SLB Siti Hajar Sidoarjo Kata kunci : Anak Tunagrahita mengenal tumbuhan dan fungsinya, Outdoor Learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019