Jurnal Pendidikan Khusus
Vol 13, No 3 (2019)

PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB

SUDARTO, ZAINI (Unknown)
TANU MARTHAUDA HARIYADI, LALU (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2019

Abstract

Anak tunagrahita mengalami hambatan dalam berbahasa yaitu kemampuan membaca. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik, kurang memotivasi anak dan cenderung monoton. Maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang sesuai dengan anak tersebut yaitu model Scramble. Model Scramble ini adalah suatu kegiatan bermain yang mengutamakan membentuk kata, dan adanya aktivitas membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksprerimental dengan menggunakan ?One Group Pretest ? Posttest Design?. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcon Match Pairs Test, dengan jumlah subjek 6 anak tunagraita. Sehingga ditemukan hasil Zh 2,096 sedangkan Ztabel 1,96 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak tungrahita di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Kata kunci : Model Scramble, membaca, tunagrahita

Copyrights © 2019