Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomer 2 Tahun 2018

PENERAPAN STRATEGI MODELING PARTISIPAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 10 SURABAYA

AYU PRAMESWARI, DIAH (Unknown)
NAQIYAH, NAJLATUN (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 10 Surabaya, terdapat siswa-siswi yang memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi modeling partisipan untuk meningkatkan keberanian dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pre-test design- post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket keberanian mengemukakan pendapat. Subjek penelitian 5 siswa dari kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya yang memiliki tingkat keberanian mengemukakan pendapat rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai ? = 0,031 lebih kecil dari ? = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat keberanian dalam mengemukakan pendapat antara sebelum dan sesudah diberikan strategi modeling partisipan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, mean pre-test sebesar 73 dan mean post-test 90, sedangkan selisih antara mean pre-test dan mean post-test adalah sebesar 17. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis penelitian ini berbunyi ?Penerapan strategi modeling partisipan dapat meningkatkan keberanian dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya. Kata Kunci : Modeling Partisipan, Keberanian, Mengemukakan Pendapat.

Copyrights © 2018