Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 8, No 3 (2018)

HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 SURABAYA

ANGGRAENI, DWI (Unknown)
NAQIYAH, NAJLATUN (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah dengan perkembangan kecerdasan emosi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya yang berjumlah 390 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 195 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 5% untuk mengetahui terdapat hubungan antar variabel. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan sekolah dengan kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya dengan nilai korelasi 0,434 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan lingkungan sekolah dengan perkembangan kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 20 Surabaya. Kata kunci : lingkungan sekolah, perkembangan emosi, kecerdasan emosi Abstract This study aims to determine the relentionship between the school environment with the emotional development of student. The subject of this study is the student of 8 grade junior high school 20 of Surabaya which amounts to 390 students. The research uses descriptive quantitative approach. The sample in the study amounted to 195 students. Data collection tecniques using a questionnaire using product moment correlation test with a significant level of 5% to know there is a relationship variables. Result of data analysis in research indicate there is relation between school environment with student emotioal quotient the student of 8 grade junior high school 20 of Surabaya with a correlation value of 0,434 with a significance of 0,000 < 0,50. From the data analysis can be concluded that there is a school environment relationship with the development of emotional quotient 8th Grade Student in Junior High School 20 Surabaya Keyword : school environment, emotional development, emotional quotient

Copyrights © 2018