Jurnal Pendidikan Sains
Vol 2, No 1: Maret 2014

The Effect of Learning Strategies, Academic Ability and the Interaction to the Critical Thinking Skills and Cognitive Learning Outcomes of Natural Science-Biology

Hartono D Mamu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2014

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA BiologiAbstract: This quasi experimental research is intended to know the teaching strategy, academic abil-ity, and its interaction to the critical thinking skills and cognitive achievement. Pretest-Postest Non Equivalent Control Group Design with factoring style 4 x 2 is carried out. The data are analyzed with Mancova. The result of the research shows: (1) the teaching strategy significantly affect the critical thinking skills and cognitive achievement of the students; (2) the student’s academic ability signifi-cantly influence the critical thinking skills and cognitive achievement of the students; (3) the influence of the interaction of the teaching strategy and the student’s academic ability to the critical thinking skills and cognitive achievement of the students is insignificant.Key Words: teaching strategy, academic ability, critical thinking skills, cognitive achievementAbstrak: Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh strategi pembel-ajaran, kemampuan akademik, dan interaksinya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pretest-Postest menggunakan  Non Equivalent Control Group Design dengan pola faktorial 4 x 2. Data dianalisis dengan Mancova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi pembelajaran ber-pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa; (2) kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa; (3) interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.Kata kunci: strategi pembelajaran, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...