Jurnal Pendidikan Sains
Vol 3, No 4: Desember 2015

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Dunia Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMA

Ifa Muhimmatin (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)
Ibrohim Ibrohim (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)
Muhammad Amin (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2015

Abstract

Abstract: The research aim is to produce a competent teaching material in the subject of Plantae regnum with guided inquiry model for ten graders of SMAN 1 Ngunut. 4D development models from Thiagarajan was used. Teaching materials were validated and applied to students in ten graders of SMAN 1 Ngunut. The assessing result of experts expressed that teaching’s material is valid. The result of development test in ten graders expressed that LKS and assessment are valid. Important note from development test was used to complete the quality of teaching’s material.Key Words: teaching material’s development, plantae regnum, guided inquiry, 4D development modelAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak pada materi dunia tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X semester 2 SMAN 1 Ngunut. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan 4D dari Thiagarajan, et.al., (1974). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli, dan para siswa di kelas X SMAN 1 Ngunut. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah valid. Hasil uji pengembangan di kelas X menyatakan bahwa LKS dan alat penilaian telah valid. Catatan penting hasil validasi dan uji pengembangan digunakan untuk menyempurnakan kualitas perangkat pembelajaran.Kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, dunia tumbuhan, inkuiri terbimbing, model pengembangan 4D

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...